Search This Blog

Friday, February 18, 2011

Asap Rokok Bikin Cepat Tua

Asap Rokok Bikin Cepat Tua
Memang sudah jelas banget, kalau merokok bisa merusak kesehatan, paru-paru, jantung, impotensi dan gangguan pada janin pada ibu hamil. Tapi semua itu belup cukup buat menyampaikan bahayanya menjadi perokok. Padahal masih panjang daftar bahaya lainnya. Salah satunya jadi cepet tua! Yup, percaya atau tidak, merokok bakal bikin penghisapnya lebih tua lima kali dari umur sebenarnya.
Studi ini pernah dipublikasikan British Medical Association sebelumnya. Katanya, kerutan di bagian wajah merupakan penanda kerentaan terhadap dampak asap rokok. Filter yang ada di rokok. Tidak cukup menghilangkan kandungan Tar. Justru bahan-bahan kimia yang ditambahkan dalam tembakau, semakin membuat tubuh rentan berbagai penyakit degeneratife dan pastinya kerutan di wajah pula.
Bahn kimia yang bikin wajah cepet kerutan sebagai penghisap rokok pertama adalah Amonia. Bahn ini bikin otak dapat dosis nikotin yang lebih tinggi. Biasanya, kandungan Amonia digunakan ngeberesin jendela dan toilet. Lali ada yang namanya Kadnium. Umumnya bahan ini buat baterai, lapisan logam dan plastik. Menghisap uap dari Kadnium, sama saja mempercepat peradangan pada ginjal dan iritasi pencernaan.
Benzena dan Formaldehida adalah ancaman selanjutnya. Benzena merupakan bahn kima industri besar yang terbuat dari batubara dan minyak. Biasanya bahn kimia ini buat jenis plastik detergen dan pestisida. Sementara Formaldehida sering dipakai sebagai perekat dalam produk kayu dan pengawet dalam beberapa cat. Kebayang dong dampak yanh bakal terjadi buat penghisapnya kalau bahan ini dicampur dengan rokok.
Berikut bahaya lainnya adalah Nikel (perak atau logam putih) dan Timbal. Bahaya menghisap bahan ini adalah infeksi dan berkurangnya fungsi paru-paru, dan bronchitis kronis. Kalau Timbal berpengaruh bagi kelahiran bayi yang ada di dalam kandungan, karena biasanya timbal dipakai buat campuran amunisi, atap, bensin, cat, dan produk keramik.
Daftar bahaya berikutnya Aseton dan Piridin. Aseton merupakan produk buangan dari asap kendaraan asap rokok dan zat yang banyak terdapat di lokasi pembuangan sampah. Dan Piridin merupakan Tar dari batubara mentah. Dampak menghisap Piridin bikin denyut nadi berdetak cepat dan napas tersengal-sengal.
Kalau semua bahan sudah disebutkan di atas masuk dalam tubuh, kinerja organ jadi terganggu dan tidak akan maksimal. Kulit yang paling terlihat karena peredaran darah terhambat dan cairan dalm tubuh berkurang.
Kandungan dalam asap rokok adalah karbon monoksida yang menggantikan oksigen dalam tubuh. Kalau nikotin, pengaruhnya mengurangi aliran darah dan bikin kulit kering. Nutrisi Vitamin C pun jadi terkuras1 jadi benar-benar merugikan banget. Menurut data Nasional Council Againts Smoking, 12 % kematian dini di seluruh dunia ada hubungannya dengan rokok.

No comments:

Post a Comment