Search This Blog

Friday, February 18, 2011

Banyak Ngedip Bikin Mata Lebih Sehat

Banyak Ngedip Bikin Mata Lebih Sehat
Semua bagian tubuh kita perlu dirawat, apalagi bagian yang sering mengalami kelelahan. Bukan Cuma tangan dan kaki, mata juga bisa kelelahan. Mata juga perlu dijaga kesegarannya supaya tetap sehat, apalagi bagian wajah yang paling sering ditatap orang pastinya mata. Aneh rasanya kan kalo lagi ngobrol dengan seseorang, yang ditatap hidung kamu, hehe
Mata harus tetap bekerja selama kamu beraktivitas, sementara organ tubuh yang lain bisa berdiam diri. Apa saja yang perlu kamu lakukan supaya mata tetap prima? Menurut saran beberapa ahli mata di banyak negara ada beberapa langkah dan rasanya tidak sulit buat dijalankan.
Pertama, kamu bisa melakukan senam mata. Caranya, cukup dengan mengedipkan mata beberapa kali kemudian tutup kelopak mata. Gerakkan bola mata searah jarum jam dam senaliknya. Lakukan sambil menarik dan menghembuskan napas perlahan. Kedua, dengan mengompres mata dan beri masker di sekitarnya. Mengompres mata bisa dilakukan dengan 3 cara.
Pertama, gososk-gosok telapak tangan kamu sampai hangat dan tempelkan kedua mata kamu. Kedua, basahi handuk dengan air dingin dan kompres mata sampai beberpa saat. Ketiga, gunakan potongan timun mengompres mata sambil berbaring rileks. Selain itu bisa juga dengan mengonsumsu buah dan sayur. Buah dan sayur punya kandungan air yang tinggi dan bisa membuat kita segar.
Yan tidak kalah penting adalah menghilangkan kebiasaan yang bisa berakibat buruk mata, di antaranya terlalu lama menonton televisi atau menonton dalam keadaan gelap. Kebiasaan seperti itu bisa memaksa mata untuk bekerja setelah bekerja seharian. Selain poin=poin di atas, jangan lupa untuk melakukan hal sederhana ini: berkedip! Dalam satu menit kedipkan mata sebanyak 12-15 kali dan mata segar pun jadi milik kamu.

No comments:

Post a Comment