Search This Blog

Friday, February 18, 2011

Otot sempurna dengan Protein

Otot sempurna dengan Protein
Kalau mau mambangun otot, biasanya banyak orang yang melakukannya di gym atau pusat kebugaran. Tapi usaha begitu bakal sia-sia kalau tidak diikuti dengan asupan nutrisi yang pas. Karena nutrisi bukan sekedar menjaga kesehatan, tapi juga bisa mengembangkan dan membangun otot yang lebih baik dari sebelumnya.
Di Asia, cowok-wowoknya punya kandungan lemak yang lebih tinggi dibanding dengan cowok-cowok di Eropa. Jadi tida usah heran, membentuk otot cowok-cowok di Asia paling tidak latihannya harus lebih keras dibanding cowok-cowok di Eropa. Ada sekitar 650 otot yang membentuk tbuh untuk bergerak. Sementara otot terdiri dari serat yang bisa berkontraksi sehingga mampu memanjangkan dan memendekan untuk menghasilkan sebuah gerakan. Otot sendiri tersusun oleh protein. Kalau ingin membentuk body yang baik, sudah pasti protein yang dibutuhkan lebih banyak dibandingkan body-bnody normal.
Menurut salah seorang ahli nutrisi, penyerapan protein yang maksimal perlu bantuan banyak macam nutrisi. Seperti, L-Karnitin untuk pembakaran lemak. Lalu kreatin untuk pembentukan otot, dan asam serta vitamin B-kompleks untuk membantu metabolisme asam amino. Kebutuhsn protein untuk membentukotot sekitar 1,5-2 gram per kilogram berat badan. Jadi jika berat badan sekitar 60 kg, maka dibutuhkan 90 gram protein. Jumlah ini tentu tidak cukup dari makanan sehari-hari saja. Perlu bantuan tambahan suplemen tinggi protein.
Protein dapat ditemukan dari telur, daging ayam, susu atau daging sapi. Sayangnya, makanan ini juga mengandung lemak tinggi. Jadi, kalau bisa dibantu dengan olah raga biar radikal bebas bisa terlepas dari tubuh. Sayur dan buah bisa menambah kadar antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Hindari cara instan kalau ingin punya body yang oke, misalnya steroid, karena efeknya bisa bahaya banget.

No comments:

Post a Comment